HIBURAN

Curahan Hati Pedagang Online

Status saya di Jakarta sekarang sebagai karyawan swasta dan udah hampir setahun menjalani bisnis online bareng @bataefendi . Bisnis yang kami jalankan bergerak di bidang fashion, bikin – bikin kaos custom gitu deh, klik @jeepluck . Nantinya saya juga mau jualan sneakers sama kemeja flannel, coba klik obatganteng. Usaha ini semata-mata bukan mencari keuntungan materi, melainkan untuk menabung amal di dunia untuk bekal akhirat nanti (backsound : tali kasih indosiar)

Banyak banget serba-serbi yang udah dilalui bareng jeepluck. Buat temen-temen yang suka beli di online shop mungkin harus tau isi hati yang bakal saya utarakan mewakili pedagang-pedagang online shop lainnya :

1. BANYAK TANYA

Gak ada yang salah dengan bertanya malah pepatah bilang kita harus bertanya biar gak sesat di jalan. Sebagai pedagang pun selalu welcome untuk menjawab setiap pertanyaan pembeli. Biasanya kalo di olshop, buyer yang kebanyakan tanya itu ujung-ujungnya gak beli dengan mengalihkan pertanyaan di luar topik. Itu yang bikin setiap pedagang patah hati.

Buyer: “Min, kaosnya warna apa aja?”
Seller: “Banyak, ada merah, biru, kuning, item, cokelat, abu2 monyet
Buyer: “Tiap warna harganya beda min?”
Seller: “Gak ada perbedaan kok, semua sama :)”
Buyer: “Ohh, kalo lengan panjang bisa?”
Seller: “Iya, kita lengan panjang ready kok :D”
Buyer: “Wihhh bisa, keren dong, ada perbedaan harga min?”
Seller: “Ada, nambah 10ribu”
Buyer: “Oke, min, eh min kalo jaket bisa ya?”
Seller: “Iyaa bisa kok, mau warna apa?”
Buyer: “Ohh bisa ya, terus yang gak bisa apa?”
Seller: “Yang belum bisa bikin kemeja nih”
Buyer: “Yah, padahal pengen banget bikin kemeja, makasih ya min”
Seller: “OK”  (red : FAAAAKKKK!!!!!   </3 )

2. SUUDZON

Nah, sering banget nih ngalamin beginian. Banyak buyer yang khawatir kalo ditipu. Udah untungnya gak seberapa , dituduh nipu pula.

Buyer: “Min, barangnya dikirim kapan ya?”
Seller: “Ni udah dikirim, resinya 09348393483493920”
Buyer:  “Oke. makasih min”
keesokan harinya
Buyer: “Ping”
Buyer: “Ping”
Buyer: “Ping”
Buyer: “Woy!! kemana lo?! kok gak bisa ditracking, mau nipu gue ya?!
Seller: “Hah, nipu apa? kita gak suka nipu, cek testi aja”
Buyer: “Tapi kok ini gak bisa ditracking? sbnrnya udah dibuat apa belum sih?!”
Seller: “lah, udah kok, coba gue tracking dari sini”
Seller: “Nah tuh bisa” (ngirim capture-an)
Buyer: “oiya, mksh min, ngirimnya pake tiki ya?”
Seller: “iya, lah emang lo pikir?”
Buyer: “kirain dikirim pake 14045”
Seller: “MUKELO RATA!!!!”

3. GAPTEK

Mungkin ini bakal jadi pengalaman saya yang gak pernah dilupakan. Pernah nemu buyer bocah pesen kaos, tinggal di desa antah berantah yang nama desanya terdengar seperti tempat nongkrong paleo javanicus.

Buyer: “Kak, mau pesen kaos”
Seller: “Oiya,ada yg bisa dibantu? mau pesen kaos apa?”
Buyer: “Yang kayak di dp”
Seller: “Oke, ini harganya 80ribu belum sama ongkir”
Buyer: “Ongkir itu apa ya kak?”
Seller: “Ongkos kirim, biaya pengiriman” (mulai deg2an)
Buyer: “Itu nanti barangnya diambilnya gimana kak?”
Seller: “Nanti dikirim pake JNE, makanya kita kenai ongkir”
Buyer: “Jne itu apa kak?”
Seller: “Itu org yang ngirim, singkatan dari Jarang Nengokin Eyang
Buyer: “Terus nanti saya kasih uangnya gimana?”
Seller: “Nanti dikirim aja ke rekening bca lewat atm”
Buyer: “Atmnya jauh kak”
Seller: “Coba pake Mbanking dek”
Buyer: “Mbanking itu apa?”
Seller: “Mbanking itu ngirim duit pake hape”
Buyer: “Gak bisa kak”
Seller: “Terus gimana?”
Buyer: “Saya gak ada bca”
Seller: “Yaudah pake yang lain, kan bisa ke beda bank”
Buyer: “Gak ada kak”
Seller: “Maksudnya?”
Buyer: “Saya gak punya bank”
Seller: “Oh yaudah brarti gak bisa dek”
Buyer: “Kalo pake wessel bisa kak?”
Seller: “Waduh gak bisa dek, bentar ya kakak mau benturin kepala kakak di punden berundak.

4. SEENAK WUDEL

Biasanya seller selalu ngasih harga fix di tiap displaynya, kalo misal ada diskon pasti selalu diinfokan di display tersebut. Sayangnya kebanyakan buyer suka kebawa kebiasaan di pasar tradisional, nawar tanpa kemanusiaan.

Buyer: “Bang, kaos yang desain hungry brapaan?”
Seller:  “85 ribu”
Buyer: “Belum ada promo lagi ya bang?”
Seller:  “Belum ada lagi nih”
Buyer: “Gak bisa kurang bang?”
Seller:  “Gak bisa, udah murah banget itu, cek lapak sebelah deh”
Buyer: “50ribu deh bang”
Seller: “Gak bisa 🙂 ”
Buyer: “Barter deh bang”
Seller: “Hah? sama apa?”
Buyer: “Sama pelukan mantan”
Seller: “TAIIII”

4. RADITYAISME

Belakangan ini saya menemui jenis buyer baru yang adalah Raditya Dika Die Hard Fans. Tipe buyer ini suka custom semua yang dipake Radit biar keliatan mirip sama idola.

Buyer: “Halo bang”
Seller: “Halo, ada yang bisa dibantu?”
Buyer: “Ini bang, bisa bikin topi gak?”
Seller: “Wah kita gak bikin topi”
Buyer: “Masa sih bang, bikinin topi kayak punya bang Radit dong”
Seller: “Hah? Topinya kayak apa juga gak tau”
Buyer: “Ada, mau aku kirimin contohnya?”
Seller: “Enggak, gausah kita gak bisa”
Buyer: “Ayolah bang, please”
Seller: “Enggak, kita bisanya topi artis lain”
Buyer: “Siapa bang?”
Seller: “Sony Wakwaw”
Buyer: “NJENK”

Ya begitulah kira-kira beberapa fenomena yang terjadi di dunia online shop tanah air. Tetapi masih banyak juga buyer yang gak aneh-aneh. Intinya antara seller sama buyer harus terjalin komunikasi dan kepercayaan yang baik. Anggep aja buyer cewek itu pacar dan buyer cowok itu saudara ❤ .

“Min, bikin jaket yang bisa tahan air sama kangen berapaan ya?”

-Sanusi, 18thn, korban tikung-

Iklan

2 respons untuk ‘Curahan Hati Pedagang Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s